Home Gadget Cara Melacak HP dengan IMEI di Smartphone

Cara Melacak HP dengan IMEI di Smartphone

0
12
Cara Melacak HP Dengan IMEI
Cara Melacak HP Dengan IMEI

Cara Melacak HP dengan IMEI di Smartphone

Nomor IMEI memiliki kegunaan yang sangat penting. Namun kebanyakan orang telah mengabaikannya. Salah satun fungsinya adalah cara melacak HP dengan IMEI tersebut di Android.

IMEI merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity. Nomor IMEI yang tertera pada ponsel umunya berjumlah 15-16 digit. Banyak kegunaan dari nomor IMEI tersebut, diantaranya jika Anda kehilangan ponsel atau bagi operator sebagai akses jaringan untuk mengetahui Base Transceiver Station. Pada kempatan ini saya akan memberikan informasi tentang cara melacak HP dengan IMEI. Mari simak ulasanya cara melacak hp dengan menggunakan IMEI.

Melacak HP Dengan IMEI
Melacak HP Dengan IMEI

 

Beginilah Cara Melacak HP Menggunakan Nomor IMEI

Sebelum beranjak ke cara melacak HP dengan IMEI, Anda perlu mengetahui nomor IMEI di smartphone. Caranya dengan melihat langsung di buku panduan atau terletak di ponsel bertuliskan IMEI. Cara melacak HP dengan nomor IMEI sangatlah mudah, dengan ini Anda bisa melakukan tindakan preventif untuk mencatat nomor IMEI dan melihatnya jika sewaktu-waktu membutuhkan. Oleh sebab itu perhatikan dengan seksama cara menggunakan nomor IMEI untuk melacak ponsel.

  1. Download Find My Device

Aplikasi untuk menemukan ponsel Anda yang mungkin hilang adalah Find My Device. Aplikasi tersebut merupakan salah satu cara melacak HP yang hilang dengan IMEI. Aplikasi ini tersedia di Google Playstore dan dapar diunduh secara gratis. Aplikasi besutan Google ini memang sering digunakan dalam kondisi kehilangan ponsel. Ada beberapa fitur yang tersedia untuk melacak hingga menghapus data akun Google di smartphone. Sangat berguna bukan?

  1. Buka dan Jalankan Aplikasi

Setelah Anda mengunduh dari Google Playstore secara otomatis terinstal di smartphone. Langkah selanjutnya untuk cara melacak HP dengan IMEI adalah membuka dan menjalankan aplikasinya. Cara menggunakannya tidaklah terlalu sulit. Cukup siapkan akun gmail smartphone Anda dan kata sandi. Seperti inilah langkah awal cara melacak HP dengan kode IMEI. Selama akun gmail dan kata sandi cocok, Anda bisa mengontrol smartphone dari jarak jauh.

  1. Masukan Akun Gmail Anda

Mengontrol akun gmail merupakan tindakan yang dilakukan setelah menyadari kehilangan ponsel. Cara melacak HP lewat IMEI cukup memasukan email dan password di layar utama aplikasi Find My Device. Setelah itu biarkan aplikasi memproses lokasi dimana smartphone Anda ditemukan oleh sinyal GPS. Lokasi penemuan smartphone Anda terlacak di aplikasi tersebut bisa langsung Anda dekati dengan rentang jarak 10 – 50 meter.

  1. Deringkan Smartphone

Setelah mendekati daerah dimana letak koordinat ponsel sesuai GPS, hal yang bisa Anda lakukan dengan menderingkannya. Cara melacak HP dengan IMEI pada tahap ini dengan menggunakan fitur dering. Meskipun ponsel dalam kondisi mati tetapi daya baterai masih ada, ponsel yang dikontrol dari jarak jauh mampu membunyikan suara. Hal ini merupakan salah satu cara melacak HP dengan nomor IMEI.

  1. Hapus Data dan Kunci Layar

Fitur terakhir cara melacak HP dengan kode IMEI adalah mengunci layar dan menghapus akun gmail supaya tidak disalah gunakan. Kontrol dari jarak jauh ini memungkinkan jika smartphone Anda memiliki kode atau pola untuk membuka kunci layar. Apalagi akun gmail sudah dihapus dari smartphone tersebut. Sehingga penemu akan kesulitan menyalakan dan mengakses smartphone.

 

Sekian informasi mengenai cara melacak HP dengan IMEI di smartphone. Sebenarnya cara melacak smartphone dengan nomor IMEI hanya diperbolehkan bagi pihak berwenang. Alasan urgensi hilang berkemungkinan kecil bagi operator untuk melacaknya. Sehingga cara melacak HP dengan kode IMEI hanya dapat dilakukan oleh operator dengan bantuan BTS. Informasi kali ini semoga dapat menjadikan wawasan bagi Anda dan saya mengucapkan terimakasih.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here